Tak Miliki Tempat Tinggal, Kapolres Karawang Bangun Belasan Rumah Khusus untuk Anggotanya

  • Share

KARAWANG, ALEXANEWS.ID – Dalam memenuhi kebutuhan fasilitas sarana prasarana penunjang kesejahteraan anggota kepolisian yang bertugas di wilayah hukum Kabupaten Karawang, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melalui Polres Karawang menggelar kegiatan peletakkan batu pertama pembangunan rumah ‘dinas’ khusus (rusus). Kegiatan yang dipimpin Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono ini pun berlangsung di area asrama polisi (Aspol) Mapolsek Telukjambe Timur, Desa Pinayungan, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada Rabu (27/4/2022) sore.

Didampingi Wakapolres Karawang Kompol Agoeng bersama Kabag Logistik Polres Karawang Kompol Iwan Ridwan Shaleh dan Kapolsek Telukjambe Timur Kompol Oesman beserta Pejabat Utama (Pju) Polres Karawang, proyek pembangunan rusus tersebut ditandai dengan dilakukannya peletakkan batu pertama oleh Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono.

Dalam sambutannya, AKBP Aldi menyampaikan, dengan adanya pembangunan rusus bagi personel Polri yang bertugas di lingkungan Mapolres Karawang yaitu sebagai salah satu bentuk program prioritas Polri Presisi dari Kapolri Jenderal Listiyo Sigit Prabowo dalam menunjang aspek pengorganisasian di tubuh Polri.

“Atas pembangunan rusus ini, kita patut bersyukur dan berterimakasih kepada Polri yang telah memberikan spirit baru atau tambahan semangat barunya,” ucap AKBP Aldi dalam sambutan peletakkan batu pertama pembangunan rusus anggota Polri.

Secara simbolis, Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono pimpin peletakkan batu pertama sebagai tanda dimulainya proses pembangunan rumah dinas khusus anggota Polres Karawang di lingkungan Mapolsek Telukjambe Timur. Foto: Djunot.

Di bawah kepemimpinan pria lulusan Akademi Polisi (Akpol) Tahun 2003 ini, Polres Karawang terus melakukan sejumlah gebrakan yang terbilang sangat signifikan seperti pembangunan hunian rumah khusus anggota Polri. Sebab menurutnya, hal itu merupakan salah satu wujud penunjang kesejahteraan bagi jajaran personel Polres Karawang.

“Pembangunan rusus ini adalah bagian dari salah satu program prioritas dari Bapak Kapolri, Bapak Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam penunjang aspek pengorganisasian di tubuh Polri guna memenuhi kebutuhan fasilitas personel Polri (dalam hal ini hunian rumah dinas khusus, red),” terang pria yang pernah menjabat sebagai Kasat Reskrim Polresta Medan.

Ditegaskan AKBP Aldi, rusus yang peruntukannya untuk personel yang bertugas di Polres Karawang dengan memiliki catatan prestasi bagus. Namun pihaknya juga akan lebih memprioritaskan rusus tersebut untuk personel-personel Polri yang mempunyai kinerja terbaik, tapi tidak (atau belum) memiliki hunian untuk di tempati bersama keluarganya.

Kabag Logistik Polres Karawang, Kompol Iwan Ridwan Shaleh (helm kuning) saat turut serta melakukan hal serupa dengan pimpinannya di Polres Karawang. Foto: Djunot.

“Jadi khusus untuk penyediaan rumah dinas yang tengah kami siapkan ini, kami berikan prioritas khusus bagi personel-personel kepolisian yang belum mempunyai rumah tapi memiliki kinerja yang baik dengan sederet prestasi dan dedikasi tinggi sebagai abdi negara. Sehingga untuk anggota yang nantinya akan menghuni rumah ini, saya minta untuk benar-benar merawatnya dengan baik, seperti kita merawat anak-istri dan orangtua kita sendiri,” pesannya.

Sementara itu, menyoal sumber kucuran anggaran proyek tersebut, AKBP Aldi mengungkapkan bahwa pembangunan rusus itu pun bersumber dari Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) Mabes Polri Tahun Anggaran (TA) 2022. Kucuran anggaran tersebut, sudah dialokasikan oleh Polri kepada Polres Karawang melalui Polda Jawa Barat.

“Dengan menggunakan anggaran sebesar Rp 2.764.282.000 (atau Rp 2.7 Milyar), pembangunan 16 unit hunian khusus ini didukung dengan kucuran DIPA Mabes Polri TA 2022,” ungkapnya.

Papan informasi juklak (petunjuk pelaksana) & juknis (petunjuk tekhnis) di area proyek pembangunan 16 unit rusus milik Polres Karawang. Foto: Djunot.

AKBP Aldi yang ditanya perihal proses rampungnya kontruksi bangunan belasan rusus yang dilakukan oleh pihak pemenang lelang pada tender tersebut, dia menjawab bahwa pihak kontraktor dari PT. Mandalika Indah Pratama pun akan merampungkan bangunan rusus itu pada bulan Agustus 2022 mendatang.

“Terhitung mulai dari tanggal 27 April 2022 sampai 16 Agustus 2022 mendatang (atau selama 130 hari kerja kedepan), PT. Mandalika Indah Pratama akan membangun rusus type 36 sebanyak 16 unit, termasuk dengan pembangunan fasumnya juga,” terangnya.

Oleh karena itu, dengan tegas AKBP Aldi meminta kepada pihak kontraktor pelaksana proyek tersebut, agar melakukan pengerjaannya dengan baik dan benar.

Direktur Utama PT. Mandalika Indah Pratama, Suyatno (jongkok kemeja putih) yang merupakan kontraktor pelaksana proyek pembangunan belasan rusus milik Polres Karawang ini pun terpantau mengikuti prosesi peletakkan batu pertama yang dipimpin Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono (pojok kiri). Foto: Djunot.

“Untuk kontraktor yang sudah memenangkan tender ini, saya minta dikerjakan dengan kualitas terbaik dan tidak ada pihak manapun yang memiliki niatan untuk mengurang-ngurangi atau mengganti spek bangunannya. Jadi saya minta kepada pihak mana pun, biarkan pihak kontraktor bisa melaksanakan proses pembangunannya dengan baik dan lancar sehingga tidak ada yang mengganggu proses pelaksanaanya,” tutupnya.

Masih di tempat yang sama, Direktur Utama PT. Mandalika Indah Pratama, Suyatno meyakini bahwa proses pembangunan rusus yang dilakukan oleh pihaknya itu, bakal dilaksanakan dan dikerjakan dengan kualitas terbaik sehingga pelaksanaannya bisa selesai tepat waktu.

“Ada 16 unit rumah yang nantinya akan kita bangun disini. Sedangkan untuk pelaksanaan proses pembangunan rusus type 36, (proses pengerjaannya) akan berlangsung selama 130 hari kalender kerja,” tambahnya. (Not).

  • Share