Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur Targetkan 2030, Cianjur Bebas TBC

  • Share

Cianjur, AlexaNews.ID – Kasus Tuberkulosis (TBC) di Kabupaten Cianjur dalam 3 bulan terakhir mengalami peningkatan. Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Cianjur, Frida Laila Yahya.

Dirinya mengungkapkan, dalam tiga bulan terakhir tahun 2022, angka kasus anak TBC menembus 900 orang.

“Kami mencatat kasus mengalami kenaikan, namun angka kematian menurun dari 84 orang pada tahun 2020, sedangkan tahun 2021 sebanyak 64 orang meninggal dunia karena TBC, sehingga berbagai upaya untuk menekan angka kasus TBC, akan dilakukan,” katanya saat dikonfirmasi, Minggu (19/6).

Karenanya, di tahun 2030 nanti, pihaknya menargetkan Cianjur bakal terbebas dari TBC. “Target kita Kabupaten Cianjur bebas TB pada 2030 nanti,” ucapnya.

Untuk mencapai target tersebut, dikatakan Frida, perlu adanya sosialisasi meningkatkan kesadaran pencegahan sejak dini. Karena kasus TBC yang cukup tinggi di Cianjur lantaran masih banyak warga yang merasa penanganan rutin tidak perlu dilakukan.

“Hal penting yang harus dilakukan adalah dengan meningkatkan kesadaran pencegahan sejak dini agar tak terpapar TBC. Selain itu, jika sudah terkena TBC, maka harus melakukan pengobatan sampai benar-benar sembuh”, pungkasnya. (Red)

  • Share