Sambut Idul Adha 1443H, PLTGU Jawa-1 Salurkan 50 Hewan Kurban

  • Share

KARAWANG, AlexaNews.ID – Manajemen konstruksi Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Jawa-1 kembali mendistribusikan hewan kurban pada momen Idul Adha 1443 H. Pembagian hewan kurban ini mencakup tiga kabupaten di Jawa Barat yang menjadi area kerja pembangkit yaitu Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Bekasi.

Kegiatan membagikan hewan kurban dari PT. Jawa Satu Power (JSP) bersama Konsorsium EPC Jawa-1 yaitu Samsung C&T, General Electric, Meindo Elang Indah, BV-Kwarsa Hexagon sebagai bentuk kepedulian perusahaan di PLTGU Jawa-1 kepada lingkungan sekitar.

Tahun ini, pihaknya kembali mendistribusikan puluhan ekor hewan kurban jenis kambing dan sapi bagi masyarakat di sekitar lokasi proyek.

Mengingat fase konstruksi yang memasuki tahap akhir, External Affair Manager JSP, Tig Djulianto menyampaikan bahwa jumlah hewan kurban yang dibagikan tak sebanyak tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk tahun ini, ada 5 ekor sapi dan 63 ekor kambing yang kami sebar di sekitar 50 titik,” kata Tig dalam keterangan resminya yang diterima kantor redaksi AlexaNews.ID, Sabtu (9/7/2022).

Untuk penyebaran di Karawang, penyerahan hewan kurban secara simbolis langsung ke Pemerintah Kabupaten Karawang, melalui Sekretaris Daerah Karawang H. Acep Jamhuri di halaman Masjid Al-Amal, Kantor Pemerintah Kabupaten Karawang. Karenanya, Tig berharap masyarakat dapat menerima hewan kurban ini dengan baik dan bermanfaat.

Acep mengucapkan apresiasi dan rasa terimakasihnya atas kontribusi PLTGU Jawa-1 dalam pengadaan hewan kurban untuk masyarakat di Kabupaten Karawang. “Mudah-mudahan ini bermanfaat untuk masyarakat. Kami akan siap mengemban amanah ini untuk di distribusikan kepada masyarakat Karawang di hari raya Qurban nanti,” kata Acep.

Diinformasikan juga, sebagai salah satu proyek strategis nasional, pembangunan PLTGU Jawa-1 saat ini akan memasuki tahapan commissioning. Pembangunan produsen setrum berkapasitas 1.760 megawatt (MW) ini, juga menjadi bagian dari proyek ketenagalistrikan 35.000 MW. Proyek Independent Power Plant (IPP) Jawa-1 merupakan proyek yang mengintegrasikan fasilitas gas dengan pembangkit listrik.

Paket integrasi itu terdiri atas PLTGU 1.760 MW, FSRU, pipa gas antara PLTGU dengan FSRU, dan jalur transmisi yang menyambungkan PLTGU dengan titik interkoneksi. Proyek ini berlokasi di wilayah Kecamatan Cilamaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

JSP sendiri merupakan perusahaan konsorsium dari PT. Pertamina Power Indonesia (PPI) – subholding Power and New Renewable Energy dari PT. Pertamina (Persero), Marubeni Corporation dan Sojitz Corporation.

Sedangkan untuk pembangunan konstruksi dipercayakan kepada General Electric (GE), Samsung C&T (Samsung) dan PT. Meindo Elang Indah (Meindo), termasuk pemeliharaan pembangkit listrik selama 25 tahun. (Rls/Red).

  • Share