AlexaNews

829 Bacaleg DPRD Karawang Lakukan Verifikasi Administrasi Perbaikan

KARAWANGm AlexaNews.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang telah menerima dokumen perbaikan syarat bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) DPRD Karawang dari 18 Partai Politik (Parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Komisioner KPU Kabupaten Karawang, Aceng Kasum Sanjaya, menyampaikan bahwa sebelumnya, KPU telah melakukan tahapan verifikasi administrasi pada tanggal 16 Mei 2023 – 23 Juni 2023, terhadap 829 nama Bacaleg. Dari hasil verifikasi administrasi tersebut, terdapat nama Bacaleg yang dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS).

“Hampir rata-rata, dari 18 Parpol itu masih terdapat Bacaleg yang masih belum memenuhi syarat (BMS). Seperti belum melengkapi kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el), fotocopy ijazah yang dilegalisasi oleh instansi berwenang, surat keterangan sehat jasmani dan rohani, dan surat keterangan dari pengadilan negeri. Maka harus dilakukan perbaikan,” terangnya, kepada AlexaNews.ID, Senin, 10/7/2023.

Selanjutnya, kata Aceng, KPU Kabupaten Karawang telah melakukan tahapan verifikasi administrasi perbaikan pada tanggal 26 Juni 2023 – 9 Juli 2023. “Secara umum, dari 829 Bacaleg, baik yang sudah memenuhi syarat (MS) ataupun BMS. Semuanya kembali mengajukan dokumen ulang. Karena dikhawatirkan dari SK DPP, mungkin terjadi adanya pergeseran dan perpindahan dapil atau juga pergantian nomor urut,” jelasnya.

Aceng memastikan semua Bacaleg telah mengajukan dan menyerahkan dokumen perbaikan syarat Bacaleg hingga batas waktu terakhir, yaitu hari Minggu 9 Juli 2023 pukul 23.59 WIB. “Jadi, KPU Kabupaten Karawang dapat dinyatakan clear 100%,” ucapnya.

Namun, imbuh Aceng, Parpol yang datang ke KPU Kabupaten Karawang untuk melakukan verifikasi administrasi perbaikan Bacaleg, menumpuk pada dua hari terakhir yang ditentukan.”Parpol yang pertama menyerahkan dokumen perbaikan itu, yaitu, dari Partai Ummat pada tanggal 8 Juli 2023. Lalu disusul oleh ke 17 partai lainnya, pada tanggal 9 Juli 2023. Sedangkan Parpol yang paling terakhir menyerahkan dokumen perbaikan adalah Perindo,” bebernya.

Aceng berharap, kedepannya Parpol dapat memanfaatkan waktu tahapan verifikasi administrasi perbaikan yang diberikan KPU Kabupaten Karawang dengan maksimal.”Agar KPU juga dapat memberikan pelayanan lebih baik serta kelancaran dan komunikasi bisa terbangun dengan baik juga,” ucapnya.

Selain itu, dengan tegas ia mengatakan, Parpol harus lebih teliti dan jangan sampai ada kesalahan operator yang sangat mendasar, seperti gagal upload data pada Silon. Sebab dapat merugikan Bacaleg.”KPU berharap jangan sampai ada caleg yg dinyatakan tidak memenuhi persyaratan (TMP) alias gagal nyaleg, gara-gara operator di Parpol salah upload data,”(Siska Purnama Dewi).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!