AlexaNews

Anggota Komisi IV DPRD Karawang Minta Perlindungan untuk Petani di Musim Kemarau

KARAWANG, AlexaNews.ID — Indriyani S.T., M.H, anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Karawang, mengungkapkan dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karawang bahwa pemerintah Kabupaten Karawang harus memberikan perlindungan kepada petani, terutama dalam situasi musim kemarau yang berkepanjangan.

Dalam pidatonya di sidang paripurna, Indriyani menekankan kewajiban pemerintah untuk melindungi petani, terutama di saat musim kemarau yang menjadi dampak dari fenomena El Niño, terutama di area persawahan tadah hujan.

“Dalam sektor ekonomi, pemerintah daerah wajib memberikan perlindungan kepada para petani, terutama dalam situasi saat ini,” kata Indriyani dalam rapat paripurna yang dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Karawang serta tamu undangan.

Salah satu dampak dari musim kemarau dan masalah saluran irigasi yang tidak berfungsi dengan baik adalah kekeringan yang dialami oleh sebagian tanaman padi di Kabupaten Karawang.

Di Kecamatan Telukjambe Barat, misalnya, terdapat 300 hektar tanaman padi yang mengalami kekeringan dari total luas area persawahan tadah hujan sekitar 2.146 hektar.

“Di Kecamatan Telukjambe Barat, terdapat 2.146 hektar persawahan yang mengalami kekeringan, khususnya sekitar 300 hektar akibat dari saluran drainase yang tidak berfungsi dengan baik,” jelasnya.

Selain masalah musim kemarau dan kerusakan saluran irigasi yang berdampak pada gagal panen, terdapat juga masalah kekurangan pupuk sebagai penyebab lain dari masalah ini.

Oleh karena itu, DPRD meminta dengan tegas kepada pemerintah Kabupaten Karawang untuk lebih serius dalam memperhatikan keluhan para petani.

“Kekurangan pupuk sering menjadi penyebab terjadinya gagal panen,” tegasnya. (Ega Nugraha)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!