oleh

Manfaat Renang Gaya Dada untuk Kesehatan: Menurunkan Berat Badan

-
Sumber foto:berolahraga.net

Karawang, AlexaNews.ID– Renang merupakan salah satu altenatif olahraga yang bisa dipilih untuk menjaga kebugaran dan kesehatan. Renang gaya dada dengan teknik yang tepat dapat memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Manfaat renang gaya dada untuk kesehatan berbeda dengan gaya lainnya. Teknik berenang gaya dada memang sangat cocok diterapkan pemula yang baru belajar berenang.

Olahraga renang mamang terkenal dengan manfaatnya yang sangat efektif dalam membakar kalori dan menurunkan berat badan. Renang gaya dada selama 10 menit dapat membakar 60 kalori. Jadi, manfaat renang daya dada yang pertama adalah dapat menurunkan berat badan.

Tips menerapkannya adalah dengan melakukan aktivitas renang dengan durasi 10 menit terlebih dahulu, kemudian tingkatkan durasinya secara bertahap.

Manfaat renang gaya dada untuk kesehatan berikutnya adalah mengontrol tekanan darah. Renang gaya dada memang memiliki dampak yang sangat baik untuk kesehatan sistem kardiovaskular. Bahkan, renang dapat meningkatkan kebugaran jantung. Dengan kerja jantung yang lebih efisien dalam memompa darah, tekanan darah pun dapat lebih terkontrol dengan baik.

Manfaat renang gaya dada untuk kesehatan ini memungkinkan jantung dan paru untuk bekerja lebih efisien serta meningkatkan kapasitas kerjanya. Semakin stabil detak jantung dan pola pernapasan kamu saat beraktivitas, semakin baik pula kebugaran jasmani. Alhasil, kamu dapat beraktivitas fisik seperti biasa tanpa cepat merasa capek, serta dapat bernapas lebih baik lagi.

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, manfaat renang gaya dada untuk kesehatan dapat mencegah risiko penyakit kronis. Rutin berenang menguatkan fungsi jantung. Detak jantung yang semakin kuat dan stabil dapat membantu menjauhkan kamu dari risiko penyakit jantung, stroke hingga diabetes.

Berenang bahkan terbukti bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Berenang juga termasuk jenis olahraga yang efektif meringankan sakit punggung bawah kronis.

Renang membuat kamu harus terus menggerakkan otot-otot seluruh tubuh, mulai dari kepala sampai kaki. Jika dilakukan secara rutin, berenang dapat menguatkan dan mempertahankan kekuatan otot, sehingga massa otot tidak berkurang drastis di usia muda.

Namun, pengaturan pola makan juga harus tetap terjaga dengan tepat sehigga berbagai manfaat renang gaya dada untuk kesehatan ini akan terasa lebih maksimal.

-

Hot News