AlexaNews

BMKG Imbau Warga Waspada Gelombang Tinggi di Laut Selatan Jabar-DIY

JAKARTA, AlexaNews.ID — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat, khususnya nelayan dan wisatawan, untuk mewaspadai gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di laut selatan Jawa Barat hingga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo, menjelaskan bahwa pada musim angin timuran seperti sekarang ini, gelombang dengan ketinggian 2,5-4 meter, yang masuk kategori tinggi, sering terjadi di laut selatan Jabar-DIY. Hal ini dapat membahayakan keselamatan nelayan dan wisatawan yang beraktivitas di wilayah tersebut.

Peringatan dini gelombang tinggi di laut selatan Jabar-DIY berlaku hingga hari ini dan akan segera diperbarui jika ada perkembangan lebih lanjut. Teguh juga menyebutkan bahwa gelombang tinggi diprakirakan berpotensi terjadi di beberapa perairan, antara lain perairan selatan Sukabumi, perairan selatan Cianjur, perairan selatan Garut, dan perairan selatan Tasikmalaya.

Selain itu, peringatan juga mencakup perairan selatan Pangandaran, perairan selatan Cilacap, perairan selatan Kebumen, perairan selatan Purworejo, dan perairan selatan Yogyakarta. Masyarakat yang tinggal atau beraktivitas di wilayah tersebut diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengambil langkah pencegahan yang diperlukan.

Dalam situasi seperti ini, BMKG mengingatkan nelayan agar tidak melaut dan menghindari aktivitas di perairan terbuka yang berpotensi berbahaya. Sementara itu, wisatawan yang berencana untuk melakukan kegiatan di pantai atau melakukan perjalanan laut diharapkan untuk menunda atau mempersiapkan diri dengan baik, serta mengikuti petunjuk keamanan dari otoritas terkait.

BMKG terus memantau dan mengupdate informasi terkait gelombang tinggi ini untuk memastikan keselamatan masyarakat. Masyarakat diharapkan tetap mengikuti perkembangan cuaca dan informasi terkini dari sumber resmi, seperti BMKG, untuk menjaga keselamatan diri dan menghindari risiko yang dapat timbul akibat gelombang tinggi di laut selatan Jabar-DIY.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!