AlexaNews

Cabai Hingga Gula Alami Kenaikan Harga di Pasar Tradisional Hari Ini

KARAWANG, AlexaNews.ID — Kenaikan harga beberapa komoditas di pasar tradisional menjadi perhatian utama para konsumen. Cabai, beras, dan gula menjadi komoditas yang terpantau mengalami kerugian harga pada hari ini, Kamis (3/8/2023).

Menurut data yang dilansir Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) pada pukul 08.29 WIB, harga cabai rawit merah menjadi yang paling signifikan dengan kenaikan mencapai 7,91 persen atau naik sebesar Rp3.600 per kilogram (kg). Saat ini, harga cabai rawit merah mencapai Rp49.100 per kg. Tak ketinggalan, cabai rawit hijau juga mengalami tren kenaikan sebesar 2,71 persen menjadi Rp41.700 per kg.

Namun, ada beberapa jenis cabai yang harganya stabil atau bahkan mengalami penurunan. Cabai merah keriting tetap bertahan di harga Rp41.950 per kg, sedangkan cabai merah besar mengalami penurunan sebesar 2,03 persen menjadi Rp41.100 per kg.

Selain cabai, beras juga dinikmati oleh kenaikan harga. Harga beras kualitas super II naik 0,35 persen menjadi Rp14.000 per kg, sedangkan harga beras kualitas medium I mengalami kenaikan sebesar 0,37 persen menjadi Rp13.600 per kg. Untuk beras kualitas medium II dan kualitas super I, harga keduanya stabil di level Rp13.350 dan Rp14.900.

Tidak hanya cabai dan beras, gula pasir lokal juga mencatat tren kenaikan harga yang berkelanjutan. Meskipun data rinci tentang kenaikan harga gula pasir lokal belum diumumkan, perlu diperhatikan perkembangannya untuk mengantisipasi pengaruhnya terhadap biaya hidup masyarakat.

Kenaikan harga beberapa komoditas ini dapat mempengaruhi daya beli masyarakat dan menimbulkan perhatian terhadap stabilitas harga pangan. Pemerintah dan pemangku kepentingan diharapkan untuk mengambil langkah-langkah yang tepat guna mengendalikan harga dan menjaga ketersediaan komoditas pangan bagi seluruh lapisan masyarakat. Tetaplah mengikuti berita terbaru untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat dan terkini mengenai perubahan harga di pasar tradisional. (PMJ)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!