oleh

Giat Jumsih, Warga Dusun Panyaweuyan Desa Dunguswiru Lakukan Pengecatan Pagar TPU

-
Ketua RW Dusun Panyaweuyan Desa Dunguswiru. Yasir

Garut, AlexaNews.ID – Kegiatan Jumsih adalah singkatan dari Jumat Bersih yang berarti melakukan hal menciptakan sebuah keadaan yang bersih atau menjaga kebersihan.

Kegiatan ini merupakan sebuah rutinitas yang dilakukan pada hari Jumat di pagi hari antara pukul 08:00 – 09:00 WIB. Jumsih juga merupakan sebuah kegiatan gotong royong antar warga setempat untuk membersihkan fasilitas-fasilitas umum. Seperti membersihkan selokan, membersihkan jalan, memotong rumput liar, membenahi sarana tertentu seperti lapang voli, posyandu, dan lain sebagainya.

Seperti yang dilakukan warga di ke RW an 05 Dusun Panyaweuyan, Desa Dunguswiru Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut yang terlihat bersemangat tengah mengikuti kegiatan Jumsih tersebut dengan melakukan pengecatan dinding pagar tempat pemakaman umum (TPU) diwilayhnya agar terlihat rapih dan juga indah dipandang.

Ketua RW 05 Yasir (47) menjelaskan bahwa, kegiatan ini adalah bagian dari rutinitas Desa Dunguswiru untuk memelihara kebersihan lingkungan dengan bersama-sama warga bergotong royong membersihkan sampah yang ada disaluran sungai. Namun Jumsih kali ini yaitu mengecat seluruh pagar tembok pemakaman umum di dusun Panyaweuyan.

“Iya benar, untuk Jumsih kali ini yaitu pengecatan pagar tembok pemakaman umum, karena sudah lama belum di cat jadi terlihat kusam, selain itu juga sekaligus untuk menyambut HUT RI ke 74, yang tinggal beberapa hari ini ya,” kata Yasir saat diwawancara AlexaNews dilokasi Jumsih, Jumat (9/8/2019).

Dalam kegiatan ini, lanjut Yasir, warga yang terlibat yakni semua warga yang ada di ke RW an 05 serta perwakilan dari setiap RT. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa seterusnya dapat dilakukan sehingga kebersihan lingkungan di Dusun Panyaweuyan tetap terjaga dan nantinya terlihat indah dan juga rapih,” tandasnya.

Reporter : HerMa

-

Hot News