AlexaNews

Dirlantas Polda Jabar Monitor Arus Lalu Lintas di Jalur Tol Cikampek-Karawang pada Operasi Lilin Lodaya 2023

KARAWANG, AlexaNews.ID – Kombes Pol Wibowo, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Barat, melakukan pemantauan arus lalu lintas di Pos PAM Operasi Lilin Lodaya, rest area KM 57, jalur tol Jakarta-Cikampek, Klari, Karawang, Jawa Barat pada Minggu (24/12/2023).

Ini merupakan hari ketiga pelaksanaan operasi tersebut dalam rangka pengamanan libur Natal dan Tahun Baru.

Wibowo mengatakan bahwa situasi arus lalu lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek, jalur Cipali-Cirebon, dan jalan menuju Puncak terlihat aman dan lancar.

Pada hari kedua operasi, terjadi kepadatan lalu lintas pada jalur tersebut, terutama di jalur Cikampek. Namun, hari ini, kondisi arus lalu lintas sudah membaik.

Meskipun terjadi peningkatan jumlah kendaraan yang melewati jalur Jakarta-Cikampek dan menuju Cirebon, Dirlantas menyatakan bahwa tingkat kepadatan belum mencapai titik kritis.

Jumlah kendaraan yang memasuki tol Cipali mengalami peningkatan sebesar 24%, sedangkan kendaraan yang memasuki tol Ciawi mengalami peningkatan antara 60 hingga 70%.

Wibowo menyampaikan bahwa Ditlantas Polda Jawa Barat akan mengantisipasi kemungkinan kepadatan lalu lintas pada arus mudik ke-2 yang diprediksi terjadi pada tanggal 29 sampai 30 Desember 2023.

Peningkatan arus lalu lintas diperkirakan karena masyarakat yang merayakan malam pergantian tahun di kampung halaman atau tempat wisata.

Terkait tingkat kecelakaan, Wibowo menyebutkan adanya penurunan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dirlantas Polda Jawa Barat akan menerapkan langkah-langkah preventif, termasuk penerapan sistem one-way jika terjadi kepadatan kendaraan di tempat-tempat wisata. (Bodong)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!