AlexaNews

El Nino Mengintai “Lumbung Padi”, Anggota DPRD Karawang Minta Pemkab Lakukan ini

KARAWANG, AlexaNews.ID – Fenomena El Nino yang mengintai wilayah Indonesia, dapat dirasakan di wilayah Kabupaten Karawang, sumber air di sejumlah desa mengalami kekeringan hingga membuat warga harus menggali sumur resapan dan menggunakannya secara bergantian.

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Karawang, Deddy Indrasetiawan, menyampaikan kekhawatirannya, ia meminta Pemerintah Kabupaten Karawang untuk bertindak dengan cepat dalam menangani permasalahan tersebut.

“Dampak dari Fenomena El Nino ini dapat dilihat dari terjadinya kekeringan di beberapa lokasi. Bukan hanya sumber air, tetapi beberapa sawah juga mengalami kekeringan. Pemkab Karawang harus segera mengatasinya,” ujar Deddy, Rabu (30/08/2023).

Dalam hal ini, Deddy Indrasetiawan menegaskan bahwa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang harus turun meninjau ke seluruh titik di wilayah Kabupaten Karawang.

“BPBD harus turun langsung, cek ke semua lokasi, jangan menunggu laporan dari warga dulu. Segera kirimkan bantuan air bersih. Jangan sampai ada warga yang kesulitan mendapatkan air bersih,” tutur Deddy.

Menurut Deddy Indrasetiawan, selain dari pihak Pemkab Karawang yang harus cepat tanggap, masyarakat juga harus berperan dalam mengantisipasi kekeringan yang sedang melanda Kabupaten Karawang.

“Sampai hari ini, sudah ada 4 kecamatan yang terdampak kekeringan, yaitu, Kecamatan Pangkalan, Kecamatan Telukjambe Barat,Kecamatan Ciampel, dan Kecamatan Tegalwaru. Kita semua harus bijak dalam menggunakan air bersih. Bagi warga di kecamatan lainnya, jangan segan untuk melaporkan jika mengalami krisis air bersih akibat kekeringan,” jelas Deddy. (Siska Purnama Dewi).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!