oleh

Alhamdulilah, Bantuan Untuk Wardi Pemuda Buta di Desa Jayamulya Mulai Berdatangan

-

Karawang, AlexaNews.ID – Kisah miris Wardi (32) pemuda buta asal Dusun Sungai Ula 1, RT 01 RW 01 Desa Jayamulya, Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang mendapatkan perhatian banyak pihak.

Anak dari pasangan dari Timin (65 ) dan Wartem (50) mengalami kebutaan mata sejak awal tahun 2001. Saat itu Wardi berusia 17 tahun.

Pada Jumat (10/8/2019) sejumlah Dokter yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) Karawang berkunjung ke rumah Wardi di Dusun Sungai Ula 1.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Kepala Puskesmas Cibuaya H. Aep Saepudin, Camat Cibuaya Arisandi, Sekretaris Camat Juhro, dan Kepala Desa Jayamulya Adi Nasikhin.

Ketua PDNU Karawang, dr. Argen Roki Semuel Rombot, mengatakan, sengaja datang untuk memeriksa kondisi Wardi. Setelah diperiksa oleh Dokter, kondisi mata Wardi didapatkan kelainan pada mata yang secara medis disebut lekoma pada kornea.

“Mungkin dulunya sempat infeksi, tidak tertangani dengan baik, juga mungkin ada bawaan kelainan genetik juga, soalnya ada di dua mata,” ujar dr. Argen Roki Semuel Rombot, didampingi dr. Sri Raharjo.

Menurut Argen, jika kornea sudah lekoma artinya untuk penglihatan Wardi itu susah untuk diobati. Kalaupun bisa, kata dia, perlu waktu pengobatan yang lama.

“Untuk kesembuhan Wardi mungkin agak susah, saya sudah konsultasi kepada dokter spesialis mata, dan kemungkinan tidak bisa melihat lagi. Tapi saya percaya sama mukjizat mungkin ada perbaikan nanti. Soalnya ketika saya meng-anamnesa saudara Wardi, saya tadi menyenter mata kiri dan mata kanannya. Mata kanannya itu masih bisa melihat sedikit pas sinar dari senter walaupun agak burem, untuk mata kirinya bisa melihat bayangan samar-samar,” ungkapnya.

Selanjutnya, kata Argen, Wardi nanti bisa dibawa ke Puskesmas terlebih dahulu untuk minta rujukan ke fasilitas kesehatan yang lebih bagus.

“Bila memungkinkan nanti kita kawal saudara wardi untuk pengobatan lebih lanjut lagi,” tutup dr. Sri Raharjo.

Sementara itu, selain memberikan dukungan moril untuk pengobatan Wardi, PDNU Karawang juga turut memberikan sumbangsih dukungan materi.

Di tempat yang sama, Kades Jayamulya Adi Nasikhin mengatakan, rumah Wardi saat ini sudah jadi perhatian Camat Cibuaya.

Adi Nasikhin memaparkan bahwa rumah Wardi dalam waktu dekat bisa dilakukan perbaikan dengan cata diakujak secepatnya ke dinas terkait oleh pihak kecamatan.

Reporter : Ahmad Saleh

-

Hot News