oleh

Belum Usai Pulih dari Corona, China Kini Dihantam Virus Baru

-
Sumber: tribunnews.com

Karawang, AlexaNews.ID– Seorang pria asal Provinsi Yunnan China meninggal setelah terpapar jenis virus baru yang dijuluki Hantavirus saat naik bus menuju Provinsi Shandong.

Akibatnya, seluruh penumpang lainnya menjalani tes. Informasi ini dilaporkan oleh Global Times, pada Rabu (25/3/2020).

Seperti kita ketahui, China belum usai pulih dari hantaman Virus Corona Covid-19 yang hingga saat ini penyebarannya semakin meluas ke berbagai negara.

Dikabarkan menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Hantavirus lebih mematikan dibanding Covid-19, dimana virus baru ini daya membunuhnya lebih cepat.

Dalam situs resminya, CDC menuliskan penjelasan mengenai Hantavirus ini.

“Hantaviruses yang di Amerika dikenal dengan ‘Dunia Baru’ Hantavirus dan virus ini dapat menyebabkan Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS). Hantavirus yang lain dikenal dengan ‘Dunia Lama’ Hantavirus yang kebanyakan di Eropa dan Asia. Virus yang ini menyebabkan Hemmorrhagic Fever dengan Renal Syndrome (HRFS),” tulisnya.

Meski daya bunuhnya lebih kuat, virus ini tidak menular dari satu manusia ke manusia lainnya seperti Covid-19. Namun virus baru ini bisa menyebar melalui tikus.

Selain itu, umumnya gejala-gejala hantavirus sulit terdeteksi. Menurut informasi, gejala-gejala penyakit ini berkembang antara 1 dan 8 minggu setelah trepapar urin segar, kotoran, atau air liur dari tikus yang terinfeksi.

Gejala awal yang dirasakan berupa rasa kelelahan, demam, dan nyeri otot terutama pada kelompok otot besar yakni ​​paha, pinggul, punggung juga bahu.

Penderita juga akan mengalami sakit kepala, pusing, kedinginan, masalah perut, seperti mual, muntah, diare, dan sakit perut.

Penulis: herni

-

Hot News