oleh

Tim Anaconda Resmob Polres Karawang Ciduk pelaku Pembuat STNK Palsu

-
Polres Karawang saat Merilis para Pelaku Kejahatan.

Karawang, AlexaNews.ID- Tim unit Resmob Anaconda Jatanras Satreskrim Polres Karawang menangkap seorang pemuda karena terlibat dalam pembuatan surat tanda nomor kendaraan (STNK) Palsu.

Pelaku ditangkap diwilayah Kalihurip RT.05/02 Desa Duren Kecamatan Klari Kabupaten Karawang.

Pelaku adalah JHN (28), ia merupakan warga Dusun Suren Dukuh RT.OO3I/006 Desa/Kelurahan Suren Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo, yang kini berdomisili dan tinggal di Perum Pondok Cikampek Blok D16 No.15 RT.01OIO15 Desa Cikampek Barat Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang.

Kasatreskrim Polres Karawang AKP Oliestha Ageng Wicaksono mengatakan, pengungkapan pelaku pembuat STNK palsu ini berawal dari adanya informasi dan laporan dari masyarakat terkait hal tersebut.

Kemudian dari laporan tersebut, tepatnya pada hari Sabtu tanggal 31 Oktober 2020, petugas Resmob yang saat itu sedang melakukan patroli langsung menindaklanjuti laporan itu dan menuju kelokasi tkp.

Ketika tiba dilokasi, tepatnya di di Dusun Kalihurip Desa Duren Kecamatan Klari, petugas melihat ada beberapa orang yang sedang mengangkut sepeda motor ke mobil Truck Colt Diesel warna hijau dengan Nopol : B 9228 FYU yang diketahui akan dibawa menuju Kabupaten Kebumen Jawa Tengah.

“Setelah dilakukan pengecekan oleh anggota ternyata surat kendaraan tersebut palsu, dan kemudian pelaku berikut barang R2 serta STNK palsu langsung kita amankan dan kemudian di bawa ke Polres Karawang guna Penyidikan lebih lanjut,” kata Oliestha kepada wartawan, Rabu (18/11/2020).

Dikatakan Kasat, terungkapnya pembuatan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) palsu itu berawal dari informasi masyarakat dan temuan di lapangan mengenai STNK palsu.

“Dari informasi masyarakatlah pelaku dapat kita tangkap berikut sejumlah barang bukti yang sudah kita amankan, ” ungkapnya.

Dijelaskan kasat, untuk membuat STNK palsu pelaku menggunakan sejumlah alat-alat. Diantaranya, Jarum pentul, amplas, pensil dan penghapus. Kemudian untuk menyamakan STNK dengan Nopol dan no rangka kendaran.

Pelaku terlebih dulu mengecek dan mencatat Nomor Rangka dan Nomor mesin pada fisik unit sepeda motor yang sebelumnya dibeli tanpa surat-surat melalui online media sosial facebook dan kemudian cukup merubah Nomor Rangka dan Nomor mesin pada identitas yang tercantum pada lembaran STNK yang telah dibelinya juga melalui online pada orang yang berbeda yang tidak dikenalnya.

“Untuk menyamakan atau menyetupai seperti STNK yang asli pelaku membuatnya dengan cara menghapusnya menggunakan jarum pentul, dan amplas, kemudian mencatat Nomor rangka dan nomor mesin menggunakan pensil disesuaikan dengan nomor rangka dan nomor mesin pada fisik motor tersebut, yang kemudian sepeda motor yang telah dilengkapi STNK palsu tersebut ada yang dipergunakan sendiri dan ada yang di just, ” katanya.

Dikatakan lebih lanjut, Pelaku bisa dibilang spesialis pembuat STNK palsu, dengan menggunakan sejumlah alat sederhana, pensil, jarum, amplas dan lain-lain.

Barang bukti yang diamankan dari penangkapan itu berupa, satu buah jarum pentul, satu lembar amplas, satu buah pensil, satu buah penghapus, 11 lembar STNK, dan 2 unit sepeda Motor jenis matic.

Akibat perbuatannya, pelaku ditahan di rumah tahanan Polres Karawang dan bakal diancam dengan pasal 263 ayat (10) KUHP dengan ancaman maksimal enam tahun penjara.  (Zaky Miharja).

-

Hot News