AlexaNews

KIP Jabar

Komisi Informasi Jabar Lakukan Penilaian KIP 2023 Pada Pemerintah Kabupaten Karawang

KARAWANG, AlexaNews.ID — Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat telah melakukan penilaian terhadap Keterbukaan Informasi Publik Pemerintah Kabupaten Karawang tahun 2023. Acara ini berlangsung di Aula Singaperbangsa lantai III pada hari Rabu, 25 Oktober 2023.

Mewakili Bupati Karawang, Pelaksana Tugas (Plt.) Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Karawang, H. Eka Sanatha., SH., MM., menyambut dengan hangat Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat beserta jajaran yang hadir di Kabupaten Karawang.

Dalam sambutannya, H. Eka Sanatha mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Karawang sepenuhnya mendukung prinsip keterbukaan informasi publik sebagai bagian yang tak terpisahkan dari Hak Asasi Manusia, sebagaimana yang dijamin dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Pemkab Karawang juga terus berkomitmen untuk mengoptimalkan peran dan fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan informasi yang berkualitas, sehingga hak masyarakat untuk mendapatkan informasi dapat terpenuhi dengan baik.

Lebih lanjut, H. Eka Sanatha juga mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh Komisi Informasi Jawa Barat dalam melakukan monitoring dan pendampingan kepada Pemkab Karawang. Hal ini telah berkontribusi dalam perjalanan Pemkab Karawang menuju penghargaan dengan predikat “Informatif” (kategori terbaik) pada tahun 2022, yang sebelumnya berada di predikat “Cukup Informatif” pada tahun 2021.

Ketua Tim Monitoring dan Evaluasi Tahun 2023 dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat, Dr. Mahi M. Hikmat, M.Si., menjelaskan bahwa penilaian yang dilakukan didasarkan pada ketentuan nasional, sehingga hasilnya akan mencerminkan peringkat Pemerintah Kabupaten Karawang dalam skala nasional.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang berlangsung antara Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pelaksana dengan PPID Karawang, serta antara Komisi Informasi dengan PPID Karawang. Sesi ini merupakan bagian penting dalam proses penilaian keterbukaan informasi publik yang dilakukan oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat. (Ega Nugraha)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!