AlexaNews

Lewat Pria ini Furniture Karawang Tembus Pasar Nasional, Yuk Intip Sosoknya

KARAWANG, AlexaNews.ID – Siapa bilang furniture dan meubeul dari Karawang tak bisa bersaing dengan produk luar daerah lain? Bahkan, furniture produk lokal Karawang ini mampu menembus pasar nasional, hingga ke Jepara. Ini faktanya!

Adalah Gendis Furniture Karawang. Perusahaan yang dinahkodai Emin Syaepudin, mampu mengangkat kayu lokal Karawang dan Jawa Barat ke pasar nasional, lewat produk furniture dan meubeul. Menariknya, selain bahan baku kayunya lokal, pengrajin dan tempat produksinya juga berada di Karawang, tepatnya di Desa Wanajaya, Kecamatan Telukjambe Barat.

Bagi sebagian masyarakat Karawang, nama Emin Syaepudin sudah tak asing lagi. Pasalnya, selain pengusaha, dia juga merupakan Kepala Desa Wanajaya dua periode.

Pria yang akrab disapa Lurah Emin ini mengaku sudah lama bergelut dengan dunia perkayuan. Dan saking lamanya itu, dia begitu mencintai dunia kayu. Hingga kemudian tercetus ide untuk membangun usaha furniture, yang kemudian berkembang pesat.

“Saya menggeluti dunia perkayuan sejak tahun 2006. Kala itu, belum ada baja ringan. Jadi kayu banyak digunakan di bangunan-bangunan. Dan seiring perjalanan waktu, mulai tergerus oleh baja ringan,” ujar Lurah Emin, saat berbincang dengan AlexaNews.ID, di tempat produksinya, Senin 28 Agustus 2023.

Lurah Emin pun lalu memutar otaknya, agar usaha di bidang perkayuannya bisa bangkit dan kembali berjalan. Hingga tercetus ide untuk membangun usaha furniture dan meubeul.

Dia pun lantas merekrut pengrajin furniture dan tenaga kerja lain untuk usaha barunya itu. Produk pertama yang dibuatnya adalah kursi, meja, lemari dan tempat tidur. Dan di luar dugaan, hasil produksinya diterima pasar. Hingga pesanan pun datang bertubi-tubi.

“Di sini ada macam-macam jenis kayu. Mulai dari mahoni, trembesi hingga jati. Dan sekarang produksi kita sudah variatif, hingga bisa memproduksi gazebo, lalu meja kayu tanpa sambungan dan pernak-pernik lainnya,” ucap Lurah Emin.

Lurah Emin memproduksi furniture di lahannya seluas 1 hektar. Di lahan ini, selain sebagai tempat produksi, juga gudang sekaligus showroom hasil produksinya. Di tempat ini juga, Lurah Emin kini bisa mempekerjakan 30 orang, yang sebagian besar warganya sendiri.

Nah, penasaran dengan furniture asli Karawang produk Gendis Furniture? Datang saja langsung ke showroom Lurah Emin, di Desa Wanajaya, Kecamatan Telukjambe Barat, Karawang. (Jibay)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!