AlexaNews

Nasib Pimpinan Al Zaytun Panji Gumilang soal TPPU Ditentukan Pekan Ini

JAKARTA, AlexaNews.ID — Status pengusutan kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang melibatkan Panji Gumilang, pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun, akan segera ditentukan pada pekan ini, menurut keterangan dari Dirtipideksus Bareskrim Polri, Brigjen Pol Whisnu Hermawan.

Dalam konferensi pers yang diadakan pada Selasa (8/8/2023), Brigjen Pol Whisnu Hermawan mengumumkan bahwa “Minggu ini akan diadakan gelar perkara” terkait dengan kasus tersebut. Gelar perkara ini diadakan untuk menilai apakah kasus dugaan TPPU ini memiliki unsur pidana atau tidak.

Sejauh ini, proses penanganan kasus ini masih berada dalam tahap penyelidikan oleh pihak penyidik. “Saat ini masih dalam tahap penyelidikan,” kata Whisnu.

Sebelumnya, Bareskrim Polri telah mengungkapkan bahwa terdapat empat unsur pidana yang diduga dilakukan oleh Panji Gumilang, pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun. Menurut Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, terdapat indikasi kuat terlibatnya Panji Gumilang dalam beberapa tindak pidana, mulai dari penggelapan hingga korupsi.

“Diduga terdapat penyalahgunaan yang berindikasi tindak pidana terkait yayasan, penggelapan, korupsi dana BOS, hingga penyalahgunaan dalam pengelolaan zakat oleh saudara PG,” ungkap Ramadhan dalam wawancara dengan wartawan pada Jumat (21/7/2023).

Ramadhan menjelaskan bahwa pengungkapan ini didasarkan atas hasil koordinasi dengan tim Analisa Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) serta beberapa ahli Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Mereka telah melakukan wawancara dengan tiga orang saksi yang memiliki pengetahuan tentang proses penyaluran dana-dana terkait.

“Tidak hanya itu, tiga pejabat yang berkompeten di jajaran Kementerian Agama dan instansi terkait lainnya juga telah berkoordinasi terkait dugaan penyalahgunaan dana BOS dan zakat,” tambahnya.

Kasus ini terus menjadi perhatian publik karena melibatkan tokoh sentral dalam lingkungan pendidikan dan agama. Semua mata tertuju pada hasil gelar perkara minggu ini yang akan mengungkapkan apakah Panji Gumilang benar-benar terlibat dalam berbagai tindak pidana yang diungkapkan oleh pihak berwenang. (pmj)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!