oleh

Tren Gowes Saat New Normal, Hingga Mampu Menurunkan Kolesterol

-
Ilustrasi bersepeda (foto:net)

Karawang, AlexaNews.ID– Bersepeda kini merupakan olahraga yang sedang digemari masyarakat, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Mereka semua memanfaatkan waktu luang selama di rumah aja untuk bersepada atau gowes.

Bersepeda tentu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, bersepeda juga disebut dapat menurunkan kolesterol. Melansir Everyday Health, terdapat 6 jenis olahraga yang dapat menurunkan kolesterol, yakni lari, jalan sehat, bersepeda, renang, angkat beban, dan aktivitas fisik sehari-hari.

Selain memiliki segudang manfaat, penelitian juga menunjukkan bersepeda merupakan olahraga yang aman dan efektif untuk membakar kalori dan menurunkan kolesterol jahat. Bahkan, bersepeda juga dapat menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari sebagai pengganti transportasi umum selama New Normal.

Agar manfaat dari bersepeda dapat dirasakan, disarankan untuk melakukan olahraga bersepeda setidaknya 30 menit selama lima hari dalam seminggu. Mulailah perlahan-lahan dengan bersepeda di medan datar atau dengan tingkat kemiringan yang rendah. Selanjutnya, Anda bisa tingkatkan lagi dengan bersepeda selama 45-60 menit setiap hari.

Namun, ternyata hal tersebut saja tidak cukup untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Anda juga perlu mengatur nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dengan menghindari makanan berlemak dan mengonsumsi makanan sehat. Menurut dr. Adeline, kolesterol dalam tubuh dapat berkurang jika pola makan sehari-hari tetap terjaga dan tetap rutin berolahraga.

-

Hot News