oleh

Soal Perpres 63 Tahun 2019, Agus Setiawan: Kita Harus Bangga Dengan Bahasa Indonesia

-
H. Agus Setiawan (Kepala SMAN 5 Karawang)

Karawang, AlexaNews.ID – Penetapan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 63 Tahun 2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia pada 30 September 2019, memunculkan beragam tanggapan dari masyarakat.

Menanggapi kebijakan tersebut, H. Agus Setiawan Kepala SMA Negeri 5 Karawang mengatakan bahwa peraturan tersebut bertujuan untuk memperkuat penggunaan Bahasa Indonesia.

“Untuk mempertajam atau untuk menegaskan lagi penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar,” Ujar Agus Setiawan, kepada AlexaNews.ID, Kamis (17/10/2019).

Agus Setiawan menyoroti pemakaian bahasa generasi milineal yang menggunakan bahasa gaul. Menurutnya, generasi ini tidak terbiasa menggunakan Bahasa Indonesia yang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

“Generasi sebelumnya atau angkatan saya dan orang tua mereka. Ketika berbicara secara formal jadi lucu didengar sama mereka,” ujar Agus.

Agus pun tidak mempermasalahkan beberapa pasal yang menimbulkan kontroversi, seperti pasal pengaturan penamaan geografis dan gedung.

“Ya bagus, itu untuk mengakrabkan telinga kita dengan Bahasa Indonesia dan itu wujud nasionalisme. Mencintai budaya sendiri, karakter emosional building, salah satunya dengan menggunakan Bahasa Indonesia didalam penamaan gedung dan daerah-daerah tertentu,” katanya.

Adanya Perpres no. 63 tahun 2019, menurut Agus kita perlu bangga dengan Bahasa Indonesia dan harus mulai memperkenalkan ke kancah Internasional.

Reporter : Poka

-
-

Hot News