oleh

Abrasi Landa Wilayah Pesisir Utara Pantai Karawang

-
Foto Laut Karawang

Karawang, AlexaNews.ID – Akibat cuaca buruk yang tidak menentu beberapa pekan ini membuat sejumlah wilayah di pantai utara Karawang terkena musibah musiman abrasi laut. Hasil pantauan Alexanews.ID, desa Cemarajaya kecamatan Cibuaya menjadi wilayah yang paling sering terkena bencana tahunan itu.

Ketua RT di Dusun Cemarajaya 1 Utara, Endi mengatakan, air pasang sudah datang sejak kemarin (12/1) namun dampak dari abrasi air laut baru terpantau hari ini merendam sejumlah fasilitas umum dan pemukiman warga.

“Hari ini warga laporan ke saya air rob-nya masuk ke dalam rumah, juga jalan desa mulai banjir, dampaknya perekonomian warga jadi terhambat,” kata Endi Rabu, (13/1/2021).

Endi menuturkan, meski tidak menimbulkan korban jiwa, abrasi laut yang kerap kali terjadi di wilayahnya cukup membuat kerusakan parah. Sehingga perlu perhatian khusus dari pemerintah desa maupun daerah.

“Harapan warga sini mintanya agar turab penahan ombak diperkuat, juga diperbanyak, agar abrasi gak masuk ke pemukiman,” terangnya.

Sementara itu, Maryono selaku aparatur pemerintah desa Cemarajaya saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp menuturkan, sudah memiliki data warga yang terkena musibah abrasi, dan sudah ada di BPBD.

“Pemerintah desa sudah memiliki data hasil dari pendataan kemarin. Juga sudah terdata di BPBD,” tutur Maryono. (Ahmad/Rin)

Tonton Juga Videonya : 

-