oleh

Dinas Pertanian Karawang Akan Koordinasi Dengan Pemerintah Pusat Bantu Petani Korban Banjir

-
Kepala Dinas Pertanian bersama Bupati Karawang

Karawang, AlexaNews.ID – Pemerintah Kabupaten Karawang akan berkoordinasi dengan Kementrian Pertanian terkait solusi membantu petani terdampak banjir di Kecamatan Cibuaya. Diketahui, ada sekitar 500 hektar di kecamatan ini harus gagal panen akibat diterjang banjir beberapa hari lalu.

Kepala Dinas Pertanian Karawang, Hanafi Chaniago mengatakan, besok ia akan menugaskan pihak UPTD dan petugas penyuluh untuk meninjau lokasi sawah terdampak banjir di Kecamatan Cibuaya.

Selain itu, pihaknya segera berkomunikasi dengan pemerintah pusat guna penanganan cepat bagi petani terdampak. Menurut Hanafi, saat ini Pemkab Karawang tidak memiliki anggaran khusus untuk membantu petani yang mengalami gagal panen akibat diterjang banjir.

“Mudah2an ada yang masuk asuransi baik bantuan kita maupun swadaya masyarakat. Karena tahun ini kita tidak punya anggaran bencana,” ujar Hanafi, kepada AlexaNews.ID, Minggu (19/1/2020).

Biasanya kata Hanafi, di Kementrian ada bantuan benih untuk diserahkan kepada petani korban bencana.

“Kemaren yang tahun baru banjir di Telukjambe Timur yang terendam lebih kurang 100 ha dikasih bantuan benih nya lagi,” ujar Hanafi.

Sementara itu, Sekretaris Desa Jayamulya, Kecamatan Cibuaya, Carwadi Adi Saepudin, mengatakan, padi yang terancam gagal panen itu sudah berusia 40-50 hari.

“Kami sangat berharap bantuan dari pemerintah,” ungkapnya.

Penulis : Ahmad Saleh

-

Hot News