oleh

Jaga Warisan Budaya, Polres Purwakarta Bersama Ormas Manggala Garuda Putih Gelar Pancak Silat, Kapolres CUP

-
Kapolres Purwakarta AKBP Matrius (Tengah) Ramdan Juniar Ketua Ormas Manggala (Kiri) Asda 1 (Kanan) Purwanto Kepala Disdik Purwakarta (Kanan Ke 2)

Purwakarta, Alexanews.ID – Satuan Perguruan pencak silat ikuti Pasanggiri seni ibing pencak silat bertajuk Kapolres Purwakarta Cup, di Aula Guru Linuhung Dinas Pendidikan (Disdik) Purwakarta, Sabtu (14/9/2019).

Saat di temui usai acara Kapolres Purwakarta AKBP Matrius mengatakan, alasan diadakannya kegiatan Pasanggiri ibing pencak silat Kapolres Cup di Purwakarta ini semata-mata untuk memberikan wadah, memfasilitasi serta menumbuhkan kembali minat anak-anak Purwakarta tentang seni bela diri pencak silat sebagai jati diri masyarakat Jawa Barat.

“Komitmen kita dari Polres Purwakarta untuk melestarikan kebudayaan daerah khususnya di Purwakarta, yaitu dengan menggelar acara Pasanggiri Seni Ibing Pencak Silat ini,” ucapnya

Sementara itu di tempat yang sama Ketua ormas manggala garuda Putih Ramdan Juniar mengatakan, Kami bangga dengan adanya kegitan pasanggiri  seni ibing pencak silat Kapolres cup ini.

” Dengan diadakannya kegiatan ini kami berharap khususnya Kaum muda dan umumnya masyarakat Purwakarta, bisa lebih mengenal dan meleatarikan budaya sunda Jawa barat ini,”paparnya

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, Purwanto menyatakan akan membuat surat edaran kepada semua sekolah SD mau pun SMP agar segera membuka ekstrakrikuler (ekskul) bela diri.

“Sebagian sekolah sudah miliki ekskul, namun ada juga yang belum, maka hari saya himbau semua sekolah harus ada ekskul bela diri,” ucap Purwanto.

ditambahkannya, sebagai salah satu upaya mempertahankan budaya bangsa agar tidak tergerus budaya luar.

Kapolres Purwakarta AKBP Matrius

“Salah satu tugas sekolah adalah mewariskan budaya bangsa, dan pencak silat ini harus kita pertahankan dan ajarkan kepada para siswa di sekolah agar mereka mengetahui akan budaya tanah air,” jelas pria yang juga menjabat sebagai Ketua BKC Purwakarta itu.

Diketahui, kegiatan tersebut dihadiri Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius, Bupati Purwakarta diwakili oleh Asda 1, Dandim 0619/Purwakarta diwakili oleh Danramil Kota, Ketua Koni, Ketua Pencak Silat Manggala Purwakarta

Penulis : Rudy Harto

-
-

Hot News