oleh

Pengamat: Pemkab Harus Beri Pelatihan Wirausaha Untuk Atasi Pengangguran

-
Nace Permana

Karawang, AlexaNews.ID – Kesempatan kerja yang banyak, tidak serta merta membuat masyarakatnya sejahtera. Ini yang terjadi di Karawang yang disebut-sebut sebagai kota industri.

Ancaman banyaknya pengangguran dan sulitnya masuk kerja ke perusahaan masih jadi masalah serius yang terjadi di Kabupaten Karawang. Parahnya lagi, meski ribuan perusahaan berdiri justru warga asli Karawang dipersulit untuk bisa masuk kerja.

Meski menurut data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang angka pengangguran menurun di angka 9,05% (Per-Maret 2019), kantor Disnakertrans masih ramai dikunjungi masyarakat yang mencari pekerjaan.

Menanggapi hal itu, Nace Permana seorang pengamat menilai bahwa perusahaan yang ada di Karawang masih mengutamakan pekerja dari luar daerah.

“Pengangguran di Karawang ini, masalah yang belum terselesaikan. Tiap tahun bertambah, sementara kesempatan kerjanya terbatas. Bahkan tidak jarang perusahaan lebih ngutamakan pekerja di luar Karawang,” ujar Nace.

Lebih lanjut Nace menilai bahwa banyaknya pengangguran ini disebabkan oleh kurangnya penanganan dari dinas terkait dan Pemkab Karawang. Selain itu, menurutnya stakeholder yang ada kurang inovatif. Sehingga menyebabkan negosiasi antara pelaku industri dan pemerintah daerah lemah.

Nace juga menyoroti banyaknya perusahaan yang sampai saat ini belum menerapkan Perda no. 1 tahun 2011 tentang Rekrutmen Tenaga Kerja.

“Hampir semua perusahaan tidak menjalankan Perda tersebut, bahkan beberapa kawasan dengan dalih kawasan ekonomi khusus tidak mau menjalankan Perda,” lanjut Nace.

Nace meminta Pemkab Karawang dan dinas terkait untuk membuka pelatihan kewirausahaan jika serius ingin mengentaskan angka pengangguran.

“Langkah kongkrit ya pemda harus tegas memperjuangkan para pengangguran, buka pelatihan wirausaha berikut permodalan. Adakan penegasan kerjasama dengan pihak swasta, dan tentunya berikan sanksi bagi perusahaan yang tidak menjalankan aturan,” Pungkas Nace.

Penulis : Poka

-
-

Hot News