Oleh: Herni Rosiany, S.Pd (Guru TK Daarul Fikri, Kabupaten Bandung Barat- Jawa Barat)
Apa dan bagaimana projek berbasis buku itu?
Saya mengajar di TK Daarul Fikri, Kabupaten Bandung Barat. Sejak tahun 2021sekolah kami terpilih untuk mengikuti Program Sekolah Penggerak yang diluncurkan oleh Kementrian Riset Teknologi Pendidikan dan Kebudayaan. Dan sampai saat ini kami masih dalam bimbingan Program Sekolah Penggerak.
Banyak hal yang kami dapatkan dari program ini, salah satunya upaya untuk meningkatkan Literasi dan Numerasi pada anak usia dini.
Dikarenakan pada saat itu memegang kelompok B, sehingga fokus perhatian saya lebih kepada kesiapan peserta didik untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang SD, terutama dalam hal literasi atau perkembangan aspek Bahasa yang mengedepankan kemampuan membaca secara global yaitu membaca huruf,
kata, dan kalimat.
Kondisi Kami baru keluar dari masa pandemi Covid 19, dan baru melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas, sehingga timbul rasa khawatir ketika melihat anak-anak kelompok B sebagian besar belum terlihat kesiapan dalam hal kemampuan membaca. Dengan bergabungnya sekolah kami pada Program
Sekolah Penggerak, banyak hal yang kami dapatkan khususnya perihal metode
pembelajaran yang tepat untuk anak usia dini. Salah satunya adalah model
pembelajaran berbasis proyek atau PjBL.

Pembelajaran berbasis projek juga memberikan anak kesempatan untuk dapat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari baik secara individual atau kelompok (Amelia & Aisya,
2021).
Sehingga banyak projek-projek yang dilakukan anak berkaitan
dengan kegiatan sehari-hari. Pembelajaran berbasis projek tidak terlepas dari prinsip-prinsip teori yang dikemukakan oleh para tokoh pendidikan anak usia dini.
Piaget dan Vygotsky mengatakan bahwa pengetahuan akan berkembang ketika dihadapkan pada pengalaman baru yang akan membangun dan memodifikasi pengetahuan awal.John Dewey juga mengemukakan
pembelajaran berbasis proyek. Konsep “belajar dengan melakukan”.
Bentuk pembelajaran ini merupakan ekstrusi Dewey pada institusi prasekolah yang
seringkali pasif, malas bekerja, dan tidak produktif. Sejalan dengan fakta tersebut, Kilpatrick mengusulkan konsep pembelajaran proyek melalui penyediaan berbagai materi pembelajaran yang mendorong interaksi antar anak
(Harjanty & Muzdalifah, 2022). Untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak saya menemukan metode yang dapat membantu menyelesaikan masalah yang saya hadapi.
Yaitu metode Projek Berbasis Buku. Pada model ini anak-anak diajak untuk mengenal bagaimana cara mencintai buku. Diharapkan dengan itu dapat memotivasi keinginan anak-anak untuk dapat membaca. Pada pelaksanaannya saya mengajak anak-anak untuk mengenal tentang buku, seperti sampulnya, bentuknya, tulisan yang ada pada sampul, atau judul bukunya.

Projek ini saya lakukan dengan melibatkan orang tua. Yaitu dengan cara anak dipinjamkan buku untuk dibawa pulang, kemudian mengajak orang tua untuk membaca cerita yang ada di buku tersebut.
Pada pertemuan selanjutnya anak diminta untuk menceritakan isi buku yang sudah dibacanya,
dengan bahasa anak sendiri atau sesuai pemahaman anak tentang isi cerita dari buku tersebut. Anak menyampaikannya di depan guru dan teman-temannya.
Proyek ini saya lakukan dalam waktu 1 minggu. Hasil dari proyek ini, cukup efektif meningkatkan minat
dan kemampuan anak kelompok B TK Daarul Fikri untuk dapat membaca. Dan bertambahnya jumlah anak yang mampu membaca dengan berbagai tingkat perkembangan yang dicapainya sesuai dengan karakteristik masing-masing anak.
KESIMPULAN
Berdasarkan hasil diatas maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan
pembelajaran projek pada anak usia dini beraneka ragam. Namun tetap melalui
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Buku merupakan salah satu media untuk
mengembangkan literasi pada anak nusia dini.
PjBL ciri khasnya kolaborasi, berpikir kritis, komunikasi, dan kreativitas yaitu mengkreasi atau mencipta suatu produk, yang dapat berupa fisik tangible atau non tangible yaitu berupa ide, gagasan, model dan sebagainya.
DAFTAR PUSTAKA
https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/warna/article/view/1289/697
Hanita, Yoyon Suryono, Puji Yanti Fauziah, MANAJEMEN
PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Estu Miyarso, M.Pd, PERANCANGAN PEMBELAJARAN INOVATIF