oleh

Ibadah Qurban Pahalanya Sangat Luar Biasa

-
Warga Perumahan Citra Karawang Megah (CKM) menerima titipan hewan kurban dari Anggota DPRD Karawang, Deddy Indrasetiawan

Karawang, AlexaNews.ID – Hari ini Jumat 31 Juli 2020 (10 Dzulhijjah 1441 Hijriyah) umat Islam merayakan Hari Raya Idul Adha. Ada satu ibadah yang sangat dianjurkan pada hari itu yaitu menyembelih hewan kurban.

Ibadah Qurban termasuk ibadah yang pahalanya sangat luar biasa. Dalam banyak riwayat Nabi SAW senantiasa melakukan ibadah kurban setiap bulan Dzulhijah perintah berkurban ini juga diabadikan oleh Allah Ta’ala dalam Al-Qur’an: “Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu; dan bekurbanlah”. (Surah Al-Kautsar: ayat 2)

Ibadah Kurban adalah syariat yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim ‘alaihissalam yang mengorbankan anak kesayangannya Ismail ‘alaihissalam kepada Allah Ta’ala. Namun Allah menggantinya dengan hewan sejenis domba.

Dalam mazhab Syafi’i, ibadah Kurban hukumnya Sunnah Mu’akkadah. Yaitu ibadah yang jika dilakukan mendapatkan pahala di sisi Allah, jika tidak dilakukan pun tidak akan berdosa.

Namun, seyogyanya bagi yang memiliki keluasan rezeki diperintahkan untuk tidak meninggalkan ibadah yang satu ini. Sebab, walaupun hukumnya sebatas sunnah (tidak wajib), namun sunnah yang satu ini termasuk sunnah yang sangat dianjurkan sekali. Dengan kata lain Sunnah Mu’akkadah (sunnah yang kuat).

Imam an-Nawawi (wafat 676 H) dalam Kitab al-Majmu’ Syarh al-Muhadzdzab menyebutkan bahwa Adapun masalah hukum qurban, Imam Syaf’ii (wafat 204 H) dan ulama Syafiiyah menyebutkan hukumnya Sunnah Mu’akkadah.

Kurban termasuk syiar agama Allah yang sebaiknya dijaga bagi yang mampu melaksanakannya walaupun tidak wajib berdasarkan dalil syar’i. (An Nawawi, Al Majmu’ Syarh al-Muhadzdzab, hal. 383 jilid. 8) (Sumber: Sindo)

-

Hot News