AlexaNews

Tanah Normalisasi Irigasi Rengasdengklok Diduga Dijual kepada Pengusaha

KARAWANG, AlexaNews.ID – Diduga telah terjadi praktik jual beli oleh oknum yang tidak bertanggungjawab atas tanah hasil normalisasi saluran irigasi yang sedang dilaksanakan PT Brantas Abipraya (Persero), di wilayah Kecamatan Rengasdengklok hingga Kecamatan Jayakerta.

Diketahui, dalam surat pengajuan yang diterima oleh pihak PT Brantas Abipraya (Persero) tanah hasil normalisasi tersebut seharusnya digunakan untuk pematangan lahan milik Desa Rengasdengklok Selatan (tanah bengkok desa).

Namun praktiknya malah digunakan untuk pematangan lahan milik salah seorang pengusaha lokal yang berlokasi di Dusun Bojongkarya I, Desa Rengasdengklok Selatan, Kecamatan Rengasdengklok.

Hal tersebut dipertegas oleh pernyataan Humas PT. Berantas Abipraya (Persero), Yuda yang menjelaskan tentang adanya pengajuan pemanfaatan dari pemerintah Desa (Pemdes) Rengasdengklok Selatan atas tanah hasil normalisasi yang pihaknya tengah laksanakan.

Masih menurutnya pengajuan pemanfaatan oleh Pemdes Rengasdengklok Selatan tersebut tersurat untuk pematangan lahan atau tanah milik desa (bengkok desa).

“Pengajuannya atas nama Pemdes Rengasdengklok Selatan, peruntukannya pengurugan tanah bengkok,” katanya saat dihubungi awak media melalui layanan Voice call WhatsApp, Jum’at (18/8/23).

Sementara itu, berdasarkan informasi yang didapatkan dari salah seorang warga di wilayah Kecamatan Jayakerta yang tidak ingin namanya dipublikasikan menyampaikan kepada AlexaNews.ID, bahwa dirinya menduga tanah hasil pengerukan tersebut di jual ke salah satu pengusaha lokal di Kecamatan Rengasdengklok yang memiliki lahan kosong di Bojongkarya I, Desa Rengasdengklok Selatan.

“Tanah yang dikeruk itu sekarang kan dibawa menggunakan dump truk ke lahan kosong milik pengusaha, yang lahannya berada di Bojong Desa Rengasdengklok Selatan, dan saya juga mendapatkan informasi satu mobilnya itu tiga ratus ribu,” ucapnya.

Namun hingga berita ini dipublikasikan sampai saat ini belum ada keterangan dari Pihak Pemerintah Desa Rengasdengklok Selatan maupun pihak pemilik lahan. (Ahmad Yusup Tohiri)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!