AlexaNews

Tokoh Pemuda Rengasdengklok Desak Pemerintah Karawang Tindak Tegas Terkait Pencemaran Citarum

KARAWANG, AlexaNews.ID — Kondisi air Sungai Citarum yang menghitam dan berbau busuk di Kabupaten Karawang beberapa waktu lalu menarik perhatian Toni Damanik, seorang Tokoh Pemuda Rengasdengklok.

Menurutnya, meskipun Pemerintah Pusat dan Provinsi telah menganggarkan dana setiap tahun untuk pemeliharaan sungai tersebut, namun situasinya masih memprihatinkan di Kabupaten Karawang.

“Mengamati permasalahan Citarum, dari tahun ke tahun pemerintah pusat dan provinsi mengucurkan dana untuk pemeliharaan Citarum agar tidak tercemar, dan idealnya air sungai Citarum layak diminum. Melihat situasi Citarum belum lama ini, airnya hitam dan bau, banyak ikan mati, ini mengindikasikan adanya aliran limbah beracun,” ujar Toni Damanik pada Sabtu (18/11/2023).

Toni Damanik mendesak Pemerintah Kabupaten Karawang dan Dinas terkait untuk meningkatkan pengawasan dan tidak sembarangan memberikan izin kepada perusahaan-perusahaan untuk membuang limbahnya ke Sungai Citarum tanpa batasan.

“Pemerintah dan perangkatnya harus lebih tegas dan ketat dalam pengawasannya. Citarum sebaiknya tidak diizinkan sebagai tempat pembuangan sisa limbah industri, tidak peduli alasan apapun,” tegasnya.

Dia juga menyampaikan kekhawatirannya terkait rencana pengeboran tanggul Citarum untuk pembuangan limbah cair salah satu perusahaan di Rengasdengklok.

Toni Damanik menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat dan pemerintah dalam pengawasan ketat terkait masalah ini.

“Satgas Citarum Harum harus fokus dan benar-benar memastikan bahwa pencemaran sungai Citarum di Kabupaten Karawang tidak tercemar,” tandasnya. (Ahmad Yusup Tohiri)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!