AlexaNews

Waketum DPP Apersi Dukung AHY Berantas Mafia Tanah dan Perbaikan Birokrasi

KARAWANG, AlexaNews.ID – Asosiasi Pengembang Perumahan Dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) mengungkapkan harapan besar mereka terhadap Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang baru saja menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Dalam sebuah wawancara dengan media pada Kamis, Wakil Ketua Umum DPP APERSI, Deddy Indrasetiawan, menyoroti perlunya perubahan besar dalam birokrasi pertanahan, termasuk peningkatan pelayanan dan pemberantasan praktik mafia tanah.

Indrasetiawan mengungkapkan bahwa pengembang perumahan, khususnya yang tergabung dalam APERSI, masih menghadapi sejumlah kendala dalam proses pembangunan perumahan, salah satunya adalah regulasi terkait Lahan Sawah Dilindungi (LSD). Dia menekankan bahwa regulasi ini seringkali menjadi hambatan karena memaksa pengembang untuk mengurus izin alih fungsi lahan ke pemerintah pusat.

Dengan kepemimpinan baru AHY, APERSI berharap bahwa Kementerian ATR akan meninjau ulang kebijakan terkait regulasi tersebut, memperbaiki pelayanan di kantor-kantor pertanahan, serta meningkatkan proses pembuatan sertifikat agar lebih efisien.

Selain itu, APERSI juga menyoroti perlunya standarisasi biaya notaris untuk perumahan bersubsidi guna mengurangi biaya yang tinggi. Mereka juga berharap AHY dapat mencapai target Program PTSL (Percepatan Penyediaan Tanah bagi Sertifikat Elektronik) serta memberantas praktik mafia tanah.

Indrasetiawan menekankan keyakinannya bahwa AHY, dengan latar belakang militer dan kecerdasan tinggi, memiliki kemampuan untuk mengatasi tantangan ini. Dia menyimpulkan dengan menyatakan bahwa APERSI siap bekerja sama dengan ATR/BPN untuk meningkatkan pelayanan pembuatan sertifikat di kantor pertanahan. (King Kevin Nugraha)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!