AlexaNews

Wanita Cantik di Purwakarta Tipu Puluhan Warga: Kerugian Rp2,5 Miliar

PURWAKARTA, AlexaNews.ID — Seorang wanita berusia 28 tahun dengan inisial NR, warga Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, berhasil diamankan oleh jajaran Polres Purwakarta pada Rabu, 28 Juni 2023 lalu.

Wanita cantik ini ternyata merupakan pelaku penipuan yang berhasil menipu puluhan warga dengan modus investasi dan arisan online, dengan jumlah kerugian mencapai Rp 2,5 miliar.

Kapolres Purwakarta menjelaskan bahwa pelaku melakukan penipuan dengan cara membuka kios buah dan toko kelontong dengan harga yang sangat murah dibandingkan tempat lain. Ia kemudian menawarkan kepada pelanggannya untuk berinvestasi dengan janji keuntungan antara 10 hingga 20 persen, dengan nilai investasi mencapai Rp. 100 juta hingga Rp. 400 juta.

Tidak hanya itu, pelaku juga meminjam uang kepada korban-korbannya dengan janji untuk mengembalikannya dalam sehari dengan alasan sebagai modal pembelian sapi atau barang lainnya.

“Selain itu, pelaku juga menjual arisan online kepada korban dengan nilai uang sebesar Rp 55 juta, dengan janji mendapatkan keuntungan yang besar. Namun, semua janji yang diberikan oleh pelaku tidak pernah terpenuhi sehingga korban akhirnya meminta pengembalian uang,” ungkap Kapolres.

Menurut Edwar, pelaku menjalankan aksi penipuan berkedok investasi dan arisan online ini mulai dari Juni 2022 hingga April 2023.

“Dari data sementara yang ada, terdapat 28 korban yang mayoritas adalah ibu-ibu di Kabupaten Purwakarta, dengan total kerugian mencapai Rp. 2,5 miliar,” tambahnya.

Pelaku akan dijerat dengan Pasal 378 dan/atau 372 KUHP tentang tindak pidana penipuan atau penggelapan, yang dapat dikenai hukuman maksimal 8 tahun penjara.

Kabar ini menjadi sorotan utama pada Jumat, 7 Juli 2023, menandai keberhasilan POLRES Purwakarta dalam menangkap pelaku penipuan yang berperawakan menarik ini. (Ega Nugraha)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!