AlexaNews

Habiskan Duit Rp1,4 Miliar, Tembok dan Lantai SMPN 3 Tirtamulya Retak-retak, Warga Kecewa

KARAWANG, AlexaNews.ID — Sejumlah warga menyayangkan proyek ruang kelas baru (RKB) sebesar Rp1,4 Miliar lebih SMPN 3 Tirtamulya, Kabupaten Karawang, temboknya kembali retak.

Tak hanya tembok, berdasarkan pantauan media ini, kerusakan lain terjadi pada keramik yang nampak ancur pada sebagian titik.

Salah satu warga bernama Suryana bahkan sempat melihat langsung lokasi bangunan yang dikerjakan oleh CV. ZIFAM TRI PERKASA tersebut. Dia mengaku kecewa karena kualitas bangunan buruk tak sebanding dengan nilai proyek yang hampir mencapai Rp1,5 Miliar.

“Kami kecewa biaya besar tapi bangunan pada retak, kalau anak masuk gimana ini sekolahnya keramik ancur pecah-pecah, tembok bahaya ini, harus seimbang biaya kan besar masa bangunannya kaya gini,” kata Suryana.

Bahkan Suryana tak tanggung menyebut bangunan ini lebih mirip untuk kandang sapi dibanding untuk belajar anak. “Ini kan sekolah baru mau buka, harusnya mewah dengan biaya segitu ini mah sama dengan kaya kandang sapi,” kata Suryana kesal.

Senada juga diungkapkan oleh warga lain bernama Ade Sutisna yang juga menjabat sebagai komite di SMPN 3 Tirtamulya. Menurut Ade Sutisna, bangunan SMPN 3 Tirtamulya terkesan seperti gunung dimana hanya terlihat bagus dari jauh.

“Begitu dilihat dari dekat ancur banyak yang retak,” katanya.

Sebagai warga, Ade Sutisna mengaku kecewa karena bangunan SMPN 3 Tirtamulya tidak berkualitas padahal belum diresmikan dan baru dibangun.

“Saya beharap pemborong melakukan perbaikan kembali,” katanya.

Sementara Kepala SMPN Tirtamulya, Karsan Kurnia, ketika dikonfirmasi awak media, terkait pembangunan 6 gedung ruang kelas baru, terpantau tembok retak-retak dan lantai keramik renggang, Ia menyampaikan, “Terkait hal itu sudah dilaporkan ke Disdikpora Karawang, sejauh ini masih menunggu ditindak lanjuti,” ujarnya.

Berikut bukti rincian tertulis di papan nama pekerjaan yang berdasarkan pantauan awak media.

*Nama pekerjaan : Belanja modal bangunan gedung tempat pendidikan penambahan ruang kelas beserta perabotnya SMPN 3 Tirtamulya.
*Nilai kontrak : Rp 1.499.830.900.00.
*Nomor SPMK: 027/115.PPK-SMP/V/2023-Tanggal 29 Mei 2023.
*Waktu pekerjaan: 90 Hari Kalender.
*Mulai pekerjaan : 29 Mei 2023 sampai 26 Agustus 2023.
*Perusahaan. : CV. ZIFAM TRI PERKASA.

  • Alamat Perusahaan : Jl. Pepaya Dalam Guro 1, RT,006 RW,011 Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat, Karawang.
  • Sumber Dana : APBD Kabupaten Karawang.
  • Tahun Anggaran : 2023.

Diketahui pembangunan SMPN 3 Tirtamulya, di Kampung Karangbenda Desa Karangsinom, Kecamatan Tirtamulya, proyek pekerjaan peletakan batu pertamanya, dihadiri Bupati Karawang, Cellica Nurachadiana beserta Forkopimda dan Aparat penegak hukum dari Kejaksaan Negeri Karawang. (Ega Nugraha)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!