AlexaNews

Lonjakan Lalu Lintas Mengejutkan: 359 Ribu Kendaraan Banjiri Jabotabek selama Libur Idul Adha

KARAWANG, AlexaNews.ID — PT Jasa Marga (Persero) mencatat angka yang luar biasa saat libur Hari Raya Idul Adha 1444 H. Jumlah kendaraan yang memasuki wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) pada H+1 dan H+2 mencapai rekor tertinggi sebanyak 359 ribu kendaraan. Kabar ini diumumkan oleh Lisye Octaviana, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga, yang menyatakan bahwa angka tersebut merupakan akumulasi arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama.

Dari empat gerbang tol utama tersebut, GT Cikupa dari arah Merak, GT Ciawi dari arah Puncak, GT Cikampek Utama dari arah Trans Jawa, dan GT Kalihurip Utama dari arah Bandung, memberikan kontribusi besar terhadap lonjakan jumlah kendaraan ini. Lisye Octaviana menjelaskan dalam keterangannya bahwa sebanyak 359.115 kendaraan memasuki Jabotabek pada H+1 hingga H+2 libur Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada Jumat-Sabtu, 30 Juni-1 Juli 2023. Jumlah ini meningkat sebesar 32,58 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal.

Distribusi lalu lintas mayoritas terbagi menjadi tiga arah, yaitu Timur (Trans Jawa dan Bandung), Barat (Merak), dan Selatan (Puncak). Kendaraan yang berasal dari arah Timur, melalui Trans Jawa dan Bandung, mencapai 184.922 kendaraan (51,50 persen), dengan peningkatan 57,75 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal. Dari arah Barat, khususnya Merak, sebanyak 89.255 kendaraan (24,85 persen) memasuki Jabotabek, mengalami kenaikan 1,38 persen dari lalu lintas normal. Sementara itu, dari arah Selatan, terutama Puncak, melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi, terdapat 84.938 kendaraan (23,65 persen), mengalami peningkatan signifikan sebesar 32,16 persen dari lalu lintas normal.

Melihat tren ini, Jasa Marga memprediksi bahwa arus balik lalu lintas akan terus meningkat hari ini, dengan proyeksi sekitar 192 ribu kendaraan. Lisye Octaviana menambahkan, “Lalu lintas masuk Jabotabek diprediksi masih akan meningkat signifikan pada hari ini Minggu (2/7), dengan proyeksi 192 ribu kendaraan atau naik 13,8% terhadap lalin normal.”

Dengan rincian distribusi lalu lintas seperti di atas, terlihat bahwa kendaraan yang memasuki Jabotabek dari arah Trans Jawa melalui GT C. (Pmj)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!