JAKARTA, AlexaNews.ID — PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka penjualan tiket kereta api untuk masa libur Natal dan Tahun Baru 2024, yang dikenal sebagai Libur Nataru, sejak tanggal 6 November 2023.
Vice Presiden Public Relations KAI, Joni Martinus, mengungkapkan bahwa dalam persiapan masa Angkutan Libur Nataru, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 2,72 juta kursi untuk memenuhi kebutuhan perjalanan masyarakat.
Dari jumlah tersebut, 2,2 juta tempat duduk akan dialokasikan untuk KA Jarak Jauh Reguler dengan total 3.888 perjalanan yang tersedia.
Selain itu, untuk KA Lokal reguler selama masa Angkutan Nataru, KAI telah menyiapkan 1.296 kereta dengan sekitar 521 ribu tempat duduk.
Joni Martinus menjelaskan bahwa periode Angkutan Nataru yang telah ditetapkan oleh KAI berlangsung mulai dari keberangkatan kereta api pada tanggal 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.
Tiket dapat dibeli melalui berbagai platform, termasuk aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta saluran resmi pemesanan tiket kereta api lainnya.
Dalam keterangannya, Joni Martinus juga mengingatkan pelanggan KAI untuk lebih berhati-hati dalam memasukkan tanggal perjalanan, memilih rute, dan memberikan data pribadi saat melakukan pemesanan tiket.
Selain itu, dia menyarankan perencanaan perjalanan yang cermat, termasuk estimasi waktu perjalanan menuju stasiun agar tidak melewatkan kereta yang dijadwalkan.
Lebih lanjut, Joni menjelaskan bahwa tarif tiket kereta api komersial selama masa Libur Nataru tetap mengikuti ketentuan Tarif Batas Bawah (TBB) – Tarif Batas Atas (TBA). Sementara untuk pengoperasian kereta api tambahan selama masa Angkutan Nataru, KAI akan memberikan informasi lebih lanjut.
Joni Martinus menegaskan komitmen KAI untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2024, dengan perjalanan kereta api yang aman, nyaman, dan sesuai dengan standar keselamatan.
Bagi informasi lebih lanjut mengenai penjualan tiket selama masa Angkutan Nataru, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp di nomor 08111-2111-121, email di cs@kai.id, atau melalui media sosial KAI121. (JP)