AlexaNews

Suasana Takbiran di Musola Al-Istiqomah Desa Karangsinom: Tradisi Tahunan yang Menghangatkan Hati

Karawang, AlexaNews.ID – Di Musola Al-Istiqomah, Dusun Karangsunyi RT 08/05 Desa Karangsinom, Kecamatan Tirtamulya, Karawang, menjelang satu syawal 1445 H, antusiasme menyambut kemenangan Ramadan begitu kuat.

Meskipun terjadi gangguan aliran listrik, semangat takbir tetap berkumandang, didukung dengan jenset yang menyala di sekitar jalan musolah.

Ketua Dewan Kemakmuran Mesjid (DKM), Ustad Kadim, menyatakan bahwa kegiatan tahunan ini selalu mendapat dukungan penuh dari masyarakat sekitar.

“Meskipun listrik padam, takbir tetap berkumandang, dan doa bersama dilaksanakan, diikuti dengan bersedekah dan makan bersama,” ujarnya.

Suara takbir yang disertai dengan dentingan bedug, atau ngadulag, menambah kehangatan dan kemeriahan gema takbir.

Di tempat yang sama, Ibu Iroh, yang turut memberikan sedekah untuk makan bersama, berbagi, “Setiap tahun kami mengantarkan nasi untuk makan bersama. Meskipun sederhana, dengan ikan teri, lalapan, dan sambal, kami tetap bersyukur bisa berbagi.”

Tidak hanya dalam menyajikan hidangan, tetapi juga dalam keseluruhan acara takbiran, kesatuan adalah kunci.

Warga musolah selalu bersatu dalam menjaga tradisi ini tetap berlangsung, menjadi momentum yang membawa keceriaan dan kehangatan bagi seluruh komunitas. (Bodong)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!