AlexaNews

DPRD Karawang Minta Pemkab Tanggulangi Serius Masalah DBD

Karawang, AlexaNews.ID – Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Karawang, Taman SE., menyuarakan keprihatinannya atas peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah tersebut. Ia menekankan perlunya langkah cepat dari Pemerintah Kabupaten untuk membentuk tim penanggulangan DBD.

“Peningkatan kasus DBD membuat saya merasa prihatin. Pemkab harus segera mengambil langkah penanggulangan,” ujar Taman, Jumat (01/04/24).

Menurutnya, kurangnya kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan menjadi faktor utama maraknya kasus DBD.

Oleh karena itu, Taman mengajak semua pihak untuk berperan aktif dalam pencegahan dan penanggulangan penyakit tersebut.

“Kebersihan lingkungan merupakan kunci penanggulangan DBD. Intervensi pemerintah perlu didukung oleh kesadaran masyarakat dalam memberantas sarang nyamuk,” tambahnya.

Taman juga menyoroti pentingnya gerakan pemberantasan sarang nyamuk yang dilakukan secara rutin oleh petugas dari berbagai instansi terkait, serta melibatkan partisipasi aktif masyarakat.

“Dalam menghadapi pergantian musim yang tidak menentu, kewaspadaan dan tindakan proaktif dalam pemberantasan sarang nyamuk menjadi kunci. Langkah ini tidak hanya untuk menurunkan kasus DBD, tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat,” ungkap Taman.

Selain itu, Taman menekankan pentingnya budaya 3M (Menguras, Menutup, Mengubur) sebagai langkah pencegahan DBD, serta perlunya melakukan fogging secara teratur.

“Pemda perlu membentuk Tim Teknis Penanggulangan Demam Berdarah, mengikuti contoh dari beberapa daerah lain. Langkah ini penting untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat,” tandasnya. (King)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!