AlexaNews

Presiden Joko Widodo Melantik 833 Perwira TNI dan Polri di Istana Merdeka

JAKARTA, AlexaNews.ID — Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah 833 perwira dari matra TNI dan Polri berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, pada pagi hari. Para perwira tersebut adalah lulusan dari Akademi Militer, Akademi Angkatan Laut, Akademi Angkatan Udara, dan Akademi Kepolisian. Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 52/TNI Tahun 2023 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 53/Polri Tahun 2023.

Dalam upacara yang penuh khidmat ini, Presiden Jokowi memimpin pengambilan sumpah perwira TNI dan Polri. Dengan penuh tekad, mereka menyatakan janji untuk memenuhi kewajiban terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

“Khusus perwira TNI, bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi sumpah prajurit dan sapta marga,” ucap Presiden Jokowi diikuti oleh para perwira TNI.

Tidak kalah bersemangat, untuk perwira Polri, mereka menyatakan janji “Khusus perwira Polri, bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi Tri Brata dan Catur Prasetya,” sesuai dengan tuntutan tugas mereka.

Selain melantik, Presiden Jokowi juga memberikan penghargaan kepada lulusan terbaik dari masing-masing akademi. Penghargaan Adhi Makayasa diberikan oleh Jokowi kepada empat perwira TNI dan Polri yang menunjukkan prestasi gemilang selama masa pendidikan mereka.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi negara, termasuk Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Seskab Pramono Anung, dan Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah ini menjadi momen bersejarah bagi para perwira TNI dan Polri, di mana mereka dengan teguh berkomitmen untuk melayani dan melindungi negara, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kehormatan dan kedisiplinan dalam menjalankan tugas-tugas mulia mereka. (pmj)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!